Categories
Fiksi

Jangan Sentuh Za;”Belum Waktunya”

Ilustrasi;Pemaksan”terhadap wanita”;sumber”google.edited;Noah_Melanesia”

Matahari bersinar di bawa pohon kasuari Benyamin pun duduk bersantai menggenggam HP Oppo, Ia telusuri kontak HP nya, ia menelpon pacarnya Sara.


Sara mahasiswa baru di Akper Nabire, ia sudah menempuh jurusan kesehatan di SMK karel Gobay dan ia baru saja lulus pada tahun 2020 ini.

SMP N 1 Paniai timur tempat pertama sara dan Benyamin bertemu. Ketika mereka mengikuti kegiatan MOS ( Masa Orientasi Sekolah, Sara dan Benyamin di kerjain oleh kaka kelasnya selaku panitia MOS di buatnya surat cinta dari Benyamin kepada Sara yang tertuliskan:


Sara ko tau pertama tong daftar ko datang membawa map biru itu merupakan pandangan membuat z pu hati ter luluh  mungkin lewat sepucuk surat ini z dapat mengutarakan z pu perasaan ke ko.
I love you.

Oleh: Benyamin;



Kemudian Benyamin di suru tembak sara di depan siswa yang mengikuti MOS, disaat itu pula sara dan Benyamin di satukan dengan hubungan yang di namakan pacaran.

Lanjutnya; dalam telpon nya Benyamin;”

” Selamat siang sayang ko dimana nih?

” Z di rumah nih; Jawab sara”

” Sayang tong jalan-jalan k? ” Tanya Benyamin sambil memegang kunci motornya,”.

Ooo siap sayang, z mandi dulu” jawab sara sambil mengambil handuk dan sabun.”;

30 menit kemudian, Motor Vixion V.2 0 putih bersih parkir di depan rumah sara, Jl.sutsamsu kalibobo.
Ia pun selesai berdandan, sambut sara “Hi sayang let’s go”

Tujuan sara dan Benyamin adalah hanya jalan-jalan, mereka pu start menuju SP di setiap jalan bumi raya terpampang baliho bakal Calon Bupati dan wakil Bupati Nabire periode 2020-2025.

Sinar matahari menyentuh kulit, hingga tubuh membutuhkan air minum Supaya tidak dehidrasi, sara dan Benyamin pun mampir di sebuah warung es kelapa muda sebelum pasar sp , mereka duduk bersantai menikmati es kelapa, dan kemudian Benyamin pun memesan 2 botol Aqua Le-mineral, sara dan Benyamin pun melanjutkan perjalanan sepanjang jalan sp bermesraan diatas motor sambil bercerita dan bercanda.

Jam menunjukkan pukul 02.00 suhu di kabupaten Nabire semakin panas dan semakin romantis pula,Sara dan Benyamin tidak pusing dengan namanya “panas” intinya bahagia.

Setibanya di perempatan pasar Sp Nabire,  Benyamin pun mengutarakan pertanyaan kepada Sara
“Sayang, tong lanjut ara-ara wanggar atau tong putar ikut waroki kembali?

Jawab sara; ” Bah sayang atur aman saja;

Benyamin pun mengara ke kiri menuju ara Waroki, nampak rumput alang-alang di pinggiran jalan sp 2 menuju Waroki terlihat indah di tiup oleh angin andaikata ” Menjemput sepasang kekasih;”

Di sepanjang jalan terlihat juga perumahan orang Kamoro, dan tiang listrik PLTD Nabire yang berdiri kokoh dengan energi listrik 20 MW, serta anak anak kecil yang berkeliaran di jalan yang sedang bermain bola kaki.

Setibanya di sebuah jembatan yang jauh dari perumahan, di pertengahan Waroki Benyamin pun berhentikan motor itu situasi pun sunyi sepi hanya ada angin sepoi-sepoi menipu dedaunan memainkan irama sara dan Benyamin pun ber gombalan layaknya memainkan sebuah film drama romantis kas ala Meeuwoo.

Benyamin melirik wajah pacarnya; sara, pikiran Benyamin pun tidak stabil, dia terasuki hawa nafsu sebagai pria yang “normal”

Benyamin pu gugup untuk melontarkan bahasa bahwa ia ingin bercinta dengan sara, terjadi pula perdebatan antara Hati dan pikiran; Hati katakan jangan dan pikiran mamaksa mulut Benyamin untuk ungkapkan.

Beberapa menit kemudian, Benyamin tarik nafas panjang dan langsung berkata dengan tranparans;

Sayang, ” z mo bercinta dengan ko nih?; Kata Benyamin dengan gugup dan agak samar.

;’ apa? Ko bilang apa? Z tra dengar nih”? Tanya sara; dengan wajah agak serius”;.

Tong berbuat k?ajak Benyamin”.

Apa? Sara pun terkejut;’

Bagaimana?” Ko mau k tidak?” ajak Benyamin dengan agak kasar”

Z tidak mau!” Tolak sara dengan tegas”.

Kenapa? Ko tidak mau”; Benyamin  marah” sambil mencari akal bulus:”;

Ko tau! Z harus bahagiakan z pu orang tua; tegas sara kepada Benyamin;”

Sayang; tong nih Sudah pacaran 6 Tahun;”

Tidak; tegas sara” sambil berjalan”

Benyamin lari Manahan sara; Benyamin bersikap kasar;

Dan disitu pula terjadi perkelahian antar Benyamin dan sara;”

Benyamin terbaring 30 menit di samping got akibat gigitan dan sara mendorong Benyamin dengan keras; oleh sara”

Sara pun agak kuatir akan perlakuan nya; karena Benyamin terbaring tanpa sadar;
Entah itu Benyamin hanya pura-pura”masih dalam tanda tanya?;

Sara pun melarikan diri meninggalkan Benyamin!;
Beberapa meter kemudian ada sebuah rumah sara pun memutuskan untuk menginap disitu; kebetulan rumah itu milik orang yang sama asalnya daerahnya dengan sara;”
Dan Benyamin” pun terbangun dari pingsannya;’

Keesokan paginya; sara pun pulang;dan menceritakan semua sama orang tua wali;

Tring……tring,………

Hallo, sayang sapa Benyamin”

Sayang hari ini juga ko bawa ko pu ortu disitu kita selesaikan masalah kemarin secara keluarga;..

Oka; saya datang dengan z pu ortu; tanpa ragu;…

****
30 menit kemudian;
Benyamin dengan de pu ortu tiba di sara pu rumah:

Kedua belah pihak di berikan kesempatan berbicara;
Benyamin di suru Berbicara; namun Benyamin tolak; suru sara yang bicara supaya semua jelas;”

Sara pun bicara secara detail;” seperti yang terjadi:” dan Benyamin pun mengaku bahwa semua itu benar!  Z mengajak bercinta dengan sara;’ namun sara tolak dan kami berkelahi”; ujar Benyamin mengaku kesalahannya;”

Orang tua wali bertanya kepada Benyamin?
Kenapa? Ko mau berbuat begitu?”

Jawab; karena z tidak ingin pria lain yang menyentuh sara kecuali z”; jelas Benyamin dengan lancang;”

Om, sara pun berkata; ko jago; memang itu bukti ko pu cinta untuk sara tapi ini belum waktunya; tegas om nya sara;”

Iya benar om; sebagai tutup malu orang tua Benyamin pun mengeluarkan “seribuduaribu”; secara adat”.

Jadilah wanita; yang kuat dalam menjalin “hubungan pacaran”; jangan seenaknya di gunakan oleh pria;”hanya sekedar memuaskan nafsu;”

Berpacaranla yang sehat itu bagimana?”

Jika pasangan Anda mampu memotivasi diri Anda untuk menjadi orang yang lebih baik lagi, dapat disimpulkan Anda berada dalam hubungan yang sehat.;’ tegas sara kepada Benyamin”

Damailah sara dan Benyamin;”. Bersambung…


( Cerita ini hanya fiksi mini).

Categories
Cerpen

SEORANG PELACUR PUN BERHAK DI HORMATI –



KENAPA KO RUBAH SA LALU KO PERGI

Sepulang dari Ibadah minggu malam, Kris berjalan menyusuri trotoar kebun raya Bogor. Disepanjang jalan Ia sambil menendang-nendang batu kerikil yang berada diatas trotoar, Kira-kira jarum jam menunjukkan pukul 21:30 WIB. Jalanan yang masih tampak ramai dipusat Kota Hujan pada Jam segitu, Kris yang kebetulan merasa lapar berhenti di penjual Nasi Goreng sebelah Hotel Salak Bogor. Sambil menikmati makanannya tiba-tiba seorang perempuan datang dan duduk bersebelahan di seblah Kris, Lalu Ia pun memesan seporsi Nasi Goreng.

Kris yang merasa tidak nyaman dengan Aroma yang keluar dari mulut perempuan itu yang ternyata dalam pengaruh alcohol, sambil mengeluarkan sebungkus rokok, Kris Nampak terkejut melihat Gadis itu menawarkan sebatang rokok kepadanya.

Gadis : Bang ngerokok ? ( sambil menyodorkan rokok kepada Kris )
Kris : Sorry mbak saya ga ngerokok. Hehe
Gadis : Oh iya bang sorry.
Setelah usai menikmati makanan kris pun menyapa gadis itu lalu beranjak pergi.

Keesokan Harinya Kris dan teman-temannya yang berkecimpung dalam dunia aktivis pun melakukan Aksi demonstrasi menuntut tentang Pelanggaran HAM dan Kekerasan tentang Perempuan. Tiba-tiba Kris Nampak terkenjut melihat Seorang Perempuan yang mengambil mic dan mulai berorasi diatas mobil Komando, dengan teliti Kris menatap perempuan itu dan ternyata Ia adalah gadis yang semalam Ia temui ditempat nasi Goreng. Setelah usai orasi perempuan itu pun turun dari atas mobil komando dan Kris menyambutnya.

Kris : Hey, masih ingat gua kan
Gadis : Hehe Iya bang, abang yang semalam kan
Kris : Iya benar . Oh iya nama gua Kris
Gadis : Stefany ( Manggil aja fanny )

Malam itu kota hujan diguyur hujan yang begitu deras, Kris yang tampak basah kuyup pun memilih untuk berteduh sebentar didaerah taman topi, Namun kris terkejut melihat ada segerombolan Pria duduk memutar gelas dan Fanny pun berada disana. Kebetulan Taman topi juga berdekatan dengan Hotel salak tempat Ia menikmati Nasi Goreng waktu itu.

Kris pun mulai berpikir keras bagaimana bisa gadis yang memiliki paras cantik dan seseorang yang peduli dengan Aksi kemanusiaan bisa bergabung mabuk-mabukkan dengan segerombolan lelaki.
Perasaan Kris tampak hancur lebur melihat Gadis yang Ia kagumi tersebut.
Keesokan harinya Ia kembali lagi menunggu fanny ditempat yang sama, setelah beberapa jam kemudian Fanny pun mulai kelihatan, Kris langsung menghampirinya.

Kris : Hey fan
Fanny : Hallo Kris, Mau kemana?
Kris : Nungguin lu ? gua mau ajak lu ikut diskusi bareng gua.
Fanny : Sorry Kris, gua uda janjian dengan temen-temen gua. Sorry yak
Kris : Udahlah naiklah, kita jalan. ( sambil memaksa )
Fanny : Ya uda gw ikutin lu.

Diatas motor matic mereka berbincang-bincang, bercerita tentang latarbelakang mereka masing-masing, sambil melihat fanny lewat kaca spion Kris pun keceplosan ( Btw lu manis juga kalau dilihat-lihat. wkwkk) Kata-kata itu membuat Fanny merasa malu dan terdiam. Kris pun tampak sadar dan berkata : Sorry Fan gua gada maksud apa-apa, sorry banget .

Hari demi Hari mereka berdua semakin akrab, Fanny pun mulai menyuruh Kris mengajarkannya Logat Papua sehingga Ia mulai fasih berdialeg Papua.

Kris yang sudah mengetahui sebagian tentang latarbelakang Fanny. Namun membuatnya tak ragu untuk menaruh harapan pada gadis Jawa berdarah Sunda itu. Malam itu tepatnya malam minggu Kris pun mengajak Fanny untuk keluar.

Sepanjang Jalan Tajur menuju puncak Bogor, ditengah keramaian dan macetnya Kota Bogor Kris kembali dengan kebiasaannya menatap wajah manis dan mungil itu lewat kaca spion. Dengan Nyali yang cukup besar dari Anak Papua itu akhirnya Kris mengutarakan isi hatinya :

Kris : Fan sa suka sama ko, Sa sayang Ko
Fanny : ( Tampak terdiam lam dan tak menjawab )
Kris : Fann sorry sa minta maaf kalau memang ko su punya pacar atau ko trada rasa untuk sa, Trapapa tapi jang diam boh…..
Fanny : Kris kas turun sa disini nanti sa naik angkot pulang
Kris : Bah fanny kenapa? Iya sudah nanti sa antar ko pulang.
Fanny : Kas turun sa disini Kris
Kris : Fan Kalau memang sa salah sa minta maaf, tapi sa yang jemput ko. Sa akan bertanggungjawab sampe ko kembali ke kos.
Trada alasan, sebenarnya ada apa? Coba bicara dulu.

Fanny : Kris sa sarankan, Ko tra usa dekati sa lagi. sa bukan perempuan baik-baik seperti yang Ko kira. Sa merokok, Sa mabuk-mabukkan, bahkan Sa juga sering free sex. Sa mohon kas turun sa disini Kris.

Kris : Sa tra peduli akan hal itu, sa sudah tahu sebagian tentang Ko dan sa percaya ada sesuatu yang menyebabkan sampe ko begini. Namun satu yang ko harus tau β€œ Raga boleh rusak tapi Masih ada Jiwa yang bisa diperbaiki β€œ Tong tra bisa menghakimi seseorang karna de pu masa lalu karna tong tratau apa yang dia alami dalam keluarganya. Jangankan Ko bahkan Seorang pelacur pun berhak di Hormati. Itu alasan kenapa sa jadi seorang Aktivis demi HAM dan Kesetaraan Gender.

Hari-hari terus berlalu bagaikan deret awan, Kris dan Fanny pun menjalin Kasih. Kris mulai mengajak fanny pergi ke gereja, Melakukan aksi-aksi social. Membuat hidup fanny berubah 180 derajat.
Tak ada lagi rahasia diantara mereka berdua. Suka dan duka mereka lalui bersama hingga suatu hari Fanny mengajak Kris ke suatu tempat dimana tempat Konseling untuk mereka yang ingin bercerita tentang masa lalu mereka yang kelam.
Fanny pun diberi kesempatan untuk memberi kesaksian tentang Hidupnya.

β€œ Fanny : Saya terlahir dari keluarga yang kurang mampu dalam segi ekonomi, Saya hanya anak tunggal. Karena masalah ekonomi Ibu saya berselingkuh dan Itu disaksikan oleh Ayah saya sendiri. Waktu itu saya baru kelas 4 SD, sepulang dari sekolah saya tampak terkejut melihat Ayah saya meninggal karena bunuh diri, dan Ia hanya meninggalkan sepucuk surat untukku β€œ Jaga dirimu nak, Papa minta maaf β€œ . Ketika saya kelas 6 SD ibu saya menikah lagi, namun karena usia suaminya lebih mudah dan Ia seorang pemabuk. seringkali ibu saya sering dipukuli.
Hingga Suatu hari ibu saya sedang bekerja dan saya sendiri dirumah, tiba-tiba ayah tiri saya pulang dalam keadan mabuk berat dan itulah awal kehancuran hidup saya. Saya diperkosa olehnya dan Ia mengancam akan membunuhku jika melaporkan kepada ibu. Saya tidak suka berada dirumah semenjak hal itu terjadi padaku, dan akhirnya saya pun bergaul dengan anak jalanan, mabuk-mabukan, dan lain sebagainya. Trauma yang berlebihan membuat saya benci ketika ada pria yang mengutarakan isi hatinya padaku. Hingga suatu malam saya mabuk dan kelaparan ketika saya memesan nasi goring disitulah saya bertemu dengan malaikat berkulit hitam rambut keriting dari bumi cendrawasih yang Tuhan Kirim untuk saya dan Dialah yang mengubah hidup saya hingga saat ini.”

Ruangan tampak hening Semua tampak terdiam sambil meneteskan airmata sambil bertepuk tangan. Kris pun mengantarkan kekasihnya pulang ke kos-kosannya.
Hari itu di Gedung Braja Mustika Kota Bogor, Kris yang adalah mahasiswa Universitas Pakuan akhirnya diwisudakan, Fanny datang dengan kebaya menemani Ibunya Kris menghadiri Acara Wisuda pada siang itu.

Tiba saatnya Kris akan segera kembali ke Tanah Air, Kris dan Fanny kembali tawar menawar. Fanny ingin ikut pergi dengan Kris ke Papua, Namun Kris mengatakan :
Sayang torang orang Papua itu orang yang punya adat, Jadi apabila Ko ikut sa ke Papua, itu tandanya ko punya emas kawin sudah lunas. Jadi ko tunggu disini sa pulang kerja, sa kembali baru ko ikut sa kita nikah di Papua. Di pelabuhan tanjung priok fanny tak mampu membendung airmatanya, sapu tangan biru pun basah dengan airmata dari gadis jawa berdarah sunda itu.

Diatas KM. Gunung Dempo Kris berkata : Tunggu sayang nanti sa kembali.
Hari terus berlanjut, Komunikasi keduanya pun tak pernah putus, Hingga Kris pun mendapat pekerjaan disebuah perusahan Tambang. Kris berjanji Bulan Januari Ia akan kembali ke bogor untuk melamar Kekasih hatinya itu, Fanny pun setiap hari hanya menatap kalender menghitung hari demi hari. Hingga saat dimana Ia harus berangkat ke Tanah Jawa, seusai mandi dan bersiap-siap ke bandara. Kris pun tampak jatuh tersungkur, Ia langsung dilarikan ke RSUD Kota Sorong. Dan disitulah rahasia yang Kris jaga selama ini pun terbongkar.

Dokter mengatakan Kris mengalami Gagal ginjal yang sudah Ia derita sejak lama, hal itu membuat keluarganya kaget. Fanny yang mendapat kabar tersebut langsung bergegas mencari tiket untuk segera berangkat ke sorong.

Pagi itu Lion air mendarat di Bandara Dominic Eduard Osok, Jeck adiknya Kris langsung menjemput calon kakak iparnya dan menuju RSUD, setelah tiba di IGD Fanny tak mampu menahan tangis sambil memeluk kekasihnya, β€œ Kenapa ko tra kas tau, Kenapa ko tipu sa sayangee… Ko su rubah sa baru, Sayang sa mau hidup deng ko. Ko yang bikin sampe sa begini. Siooo krisssss sayangeee……. β€œ
Kris pun menggengam tangan Fanny dan berkata : Sa minta maaf sayang, sa trada maksud mau tipu ko. Sa harap ko bisa jadi berkat buat banyak Orang, Sa sayang ko ( dan Kris pun menghembuskan nafas terakhirnya )

Fanny : Kriiiiisssssss,,, sayaangggeeeeee……Jang kas tinggal sa sayangeeee

Hari pun terus berlanjut, Dan Fanny pun membuat suatu tempat konselling dan mengubah mereka yang awalnya hancur karena masa lalu hingga menemukan kembali jati diri mereka kembali. Akhirnya Ia menjadi berkati bagi orang banyak.

Hidup ini Harus Jadi berkat
Trima Kasih sudah membaca, Semoga Bermanfaat
Tuhan Yesus Membekati
Penulis : Rumbewas Free’von21

https://papuaninspiration.blogspot.com/2020/12/bahkan-seorang-pelacur-pun-berhak.html

Categories
Agama

Kebenaran memang meninggikan derajat seseorang, tetapi dosa adalah noda seseorang.

Ilustrasi, Gilamemana”doc.ist.

Di malam hari itu, ada dua orang perempuan yang sudah di mabukan oleh minum beralkohol, mereka duduk bersantai beberapa menit kemudian teman perempuan yang satunya mengalami kerasukan setan,
Kemudian temannya ia mendoakan temanya yang kerasukan itu, situasi di tempat itu juga cukup ramai, Beberapa orang yang tidak mabuk di sekitar kompleks itu, melihat serta menertawakannya karena ia berdoa serta menyebut nama Tuhan Yesus, dalam keadaan yang mabuk atau tidak sadar.



Beberapa menit kemudian temannya sadar kembali karena doa nya.
Terkadang orang yang merasa benar akan menertawakan orang yang berbuat salah, sayang! Mereka itu munafik.
Mereka mengganggap diri mereka benar tapi mereka juga punya kesalahan.



Setiap orang mempunyai perbuatan yang tidak baik itu disisi yang berbeda, jika dia mabuk, maka anda berzina, jika dia berzina maka mereka membunuh.
Kesalaha atau dosa manusia tidak selalu sama tapi dosa nya sama rata, sama-sama melakukan dosa.
Karena tidak ada istilah dosa besar dan dosa kecil.



Kebenaran memang meninggikan derajat seseorang, tetapi dosa adalah noda seseorang.

Wassalam.


Nabire 29/Nov/2020

Categories
Seksualitas

SEKS DI LUAR PERKAWINAN

Ilustrasi;Doc.ist

Seks bukan hanya seks, seks lebih cenderung mengarah pada sebuah ikatan jiwa. Ketika Anda tidur dengan pria atau wanita yang berbeda-beda (bukan pasangan Anda yang sesungguhnya),maka saat itu pula Anda telah mengikat jiwa Anda dengan jiwa mereka, jiwa mereka mungkin datang dalam berbagai bentuk kegelapan. Beberapa jiwa dari antara mereka mungkin dapat menghancurkan Anda dan beberapa lagi dapat menunda berkat-berkat Anda.

Terkadang Anda bertindak sangat aneh.
Ya, sangat aneh karena tubuh Anda telah dipenuhi dengan kegelapan dari jiwa-jiwa yang berbeda yang telah Anda tiduri tadi.
Ketika Anda mengejar gadis-gadis atau pemuda-pemuda dan menginginkan gadis-gadis atau pemuda-pemuda tersebut untuk tidur dengan Anda, sementara di sisi lain gadis-gadis atau pemuda-pemuda yang berbeda tersebut menginginkan Anda dan juga pria atau wanita lain, tolong diingat baik bahwa hal tersebut adalah tentang sebuah hubungan seks dan seks bukan hanya sekedar seks melainkan itu adalah sebuah ikatan jiwa.

Berhubungan seks dengan tubuh yang berbeda berarti tubuh Anda memiliki bayangan-bayangan yang berbeda yang terdiri dari jiwa yang berbeda, Anda bukan lagi Anda yang sebenarnya tetapi orang-orang yang berbeda sedang berada di dalam Anda.

Tidak heran jika banyak yang menderita karena tidak adanya ikatan jiwa yang jelas .
Ketidakjelasan itu pada akhirnya bisa menggiring mereka hingga tiba pada suatu saat dalam hidup mereka, dimana bisa saja mereka berhubungan seks dengan seseorang yang memiliki kutukan leluhur dalam garis keturunan mereka.
Oleh sebab itu, jangan biarkan Setan menguasai dan mengendalikan pikiran serta seluruh tubuh Anda.
Menikahlah dengan seseorang yang jelas baik secara jasmani maupun secara rohani.

Bayangkan saja, pasangan Anda sangat setia kepada Anda, tetapi Anda sendiri tidur bergonta-ganti pasangan di luar rumah lalu kembali tidur dengan pasangan Anda lagi, hal itu berarti Anda sudah mentransfer semua bayangan kegelapan kepada pasangan setia Anda. Tidakkah Anda berpikir bahwa Anda benar-benar tidak punya hati ,ceroboh dan egois dengan melakukan itu?

Mari kita berpikir sebelum kita melakukan sesuatu.
SADARLAH!!
Sama sekali tidak ada jumlah kondom yang dapat melindungi jiwa Anda. Oleh sebab itu,pilih saja satu pasangan dan jadikan dia Rajamu/ Ratumu, miliki kendali diri dan lakukan apa yang benar untukmu dan untuk pasanganmu.
Dengan demikian, Anda tidak akan pergi lebih awal ke liang kubur hanya karena kebiasaan seks yang buruk.

Kesetiaan dan loyalitas seseorang terhadap pasangan hidupnya adalah sesuatu yang mahal.
Hanya orang yang benar-benar dewasa sajalah yang akan mengerti tentang apa yang saya katakan.
TUHAN memberkati kita semua!

Teguran yang Begitu luar biasa kaka
Andro Kalakmabin

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=125183382723651&id=100056959680478

Categories
Budaya

Mimpi “DAAWAPA BAGUME”, Karunia Tuhan Yang Perlu Dijaga.

Ilustrasi gambar awikaituma jr.doc

Mengapa semua Gadis Suku Mee, Sejak belia sudah tahu Garis kehidupan masa depannya?

Karunia Tuhan yang luar biasa untuk suku Mee! Semua wanita Suku Mee terutama yang lahir di kampung sudah pasti tau hidup masa depannya lewat mimpi maut ‘daawapa bagume’. Mengapa Maut karena semua akan terjadi seperti mimpi itu. Mungkin suku lain juga ada tetapi belum di ketahui. Bagi wanita Mee, masa depan bukan misteri tapi , Allah sudah beritahu melalui mimpi sejak umur 12 atau 13 tahun. Mereka akan pegang mimpi itu dalam hatinya untuk menggapai hari esok. Mimpi itu terjadi di malam haid pertama bagi seorang gadis suku Mee. Dan untuk terjadi mimpi itu ada prosedurnya, dimana gadis yg hendak haid pertama itu pada jaman duluh dibuatkan pondok khusus untuk tidur sebentar. Mimpi iti akan datang menghampiri gadis itu, di pondok yg dilarang atau sakral bagi mereka yg lain apalagi kaum lelaki. Itulah sebabnya disebut rumah sakral (daawapa).

Lewat mimpi ini anak perempuan yang masih umur belasan tahun, sudah mengetahui tentang hari esoknya walaupun hidupnya ini ia belum jalani. Mulai dari soal siapa jodoh di kelak, nasib hidup, rejeki, pendidikan, jumlah anak, kondisi hidup keluarga, sampai berapa lama masa hidupnya. Dalam mimpi itu akan terpampang, bukan soal kebahagiaan tapi juga rintangan. Bukan hanya dirinya saja tetapi juga termasuk kehidupan keluarga dan kerabat dekat , handaitaulan, juga masa depan masyarakatnya yg akan terjadi. Termasuk bencana atau peristiwa-peristiwa penting yang akan terjadi.

Mimpi ini memang maut, setinggi-tingginya seorang wanita terbang ke angkasa raya untuk hindari tapi akhirnya akan balik ke mimpi itu. Akan tergenapi. Bagi seorang gadis yang sudah bermimpi, segala garis kehidupanya entah menetap di kampung ataupun merantau pendidikan tinggi kemana saja, semuanya seolah sedang diatur semesta ini utk menuju dan menggenapi mimpi itu.

Karunia Tuhan untuk suku Mee ini Itu harus dijaga dan dirawat dengan baik. Terutama mama-mama Mee yang sudah berimigran dan memilih hidup di kota dan memiliki anak perempuan. Anak-anak perempuan yg hidup di kota ini patut diberitahu hal-hal ikhwal seputaran mengenai mimpi “dawapa bagume” itu, kapan mimpi itu akan muncul pada gadis itu dan bagaimana mempersiapkannya. Mama atau kerabat perempuan dekat punya peran penting agar mimpi itu ada. Jika hari yg harusnya disiapkan untuk mimpi itu lewat, berarti tidak akan ada lagi, waktu sudah berlalu, tdk bisa ditarik balik lagi. Gadis itu tdk akan pernah punya mimpi lagi, dia menjalani hidup ini tanpa sebuah acuan seperti gadis sebayanya.

Anak gadis muda suku Mee kini banyak yg lahir di kota besar dan boleh berlabel labewa, labeja, labemi, labenab dan labes-labes yang lain. tapi mereka wajib tau dan harus miliki mimpi itu. Karena dalam tradisi hidup suku Mee, mimpi “daawapa bagume” itu menjadi kemudi hidup dan bisa dihindari sedari awal bila dalam mimpi itu terdapat sisi yang tidak diinginkan dalam hidupnya. Hal-hal yang tidak sesuai harapan atau bertentangan yg muncul dalam mimpinya sewaktu kecil itu bisa dicegah. Upaya ini sudah biasa dilakukan mama-mama yang kini sudah mulai menua, mereka telah kemudikan hidup ini dan telah melahirkan generasi untuk kehidupan.

Dengan mimpi “dawaapa bagume “ itu masa depan ditata, sisi mimpi yang baik dijaga, dirawat dengan cara dirahasiakan, sedangkan yang buruk bisa dihilangkan dgn cara dibuka diceritakan pada orang tua atau handaitaulan agar dienyahkan dari hidup ini. Sisi mimpi buruk dibuka semua harus tau agar tdk terjadi sesuai mimpi. Mama-mama mee yg ada dimuka bumi semua sudah mengalaminya seluruh tahapan ini. Lalu bagaimana? dengan mama-mama yg lahir di kota di rantauan, saya belum tahu. Tapi mudah-mudahan sudah tau agar mama-mama dapat mempersiapkan putrinya menggapai mimpi yg langkah pada suku Mee.
Bagaimana dengan pemuda suku Mee, Apakah ada mimpi seperti para gadisnya? sepertinya tak dikaruniai mimpi maut itu kecuali mereka yang pernah menginap di gua sakral di hutan belantara yang dipercaya dapat mimpi maut itu. Awikaituma Jr pernah nginap di tempat itu.

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=849809245411425&id=100011470730307

Oleh: Awikaituma jr, gunung sahayu 2019.